Thursday, August 22, 2019

Pindah Ibukota? Sandiaga: Buat Referendum, Setuju Tidak Pindahkan Ibukota?


Pemindahan Ibukota dari Jakarta ke Kalimantan Timur masih diperdebatkan. Baik yang pro, maupun kontra memiliki argumen masing-masing. Tapi, ada satu hal yang dilupakan. Apakah seluruh rakyat Indonesia setuju dengan ide pemindahan itu?

Ini juga yang diusulkan Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno tentang referendum terkait rencana pemerintah Jokowi yang ingin memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Terlansir Republika, Kamis (22/8/2019), menurut Sandiaga, "Ini sangat strategis, buat referendum. Sampaikan ke seluruh warga Indonesia, setuju tidak pindahkan ibu kota? Sehingga kita jadi bagian pengambilan keputusan."

Mengapa masyarakat perlu dilibatkan dalam rencana pemerintah untuk memimdahkan ibu kota? Sandiaga berpendapat hal itu karena saat ini pemindahan ibu kota bukanlah sesuatu yang mendesak. Dan, masih banyak masalah lainnya yang lebih utama, yakni prioritas perjuangkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Dirinya juga menyarankan agar pemerintah Jokowi sebaiknya mematangkan terlebih dahulu rencana pemindahan itu. Sebab, ia tak melihat adanya alokasi dana terkait pemindahan ibu kota dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2020.

0 comments: