Wednesday, July 17, 2019

Masyarakat Linguistik Komputasional Indonesia Semangat Mewujudkan Korpus Bahasa Indonesia


Terwujudnya Korpus bahasa Indonesia merupakan keinginan Masyarakat Linguistik Komputasional Indonesia (MALKIN).

Mereka begitu semangat mewujudkannya. Bahkan keinginan itu mereka pertegas dengan melaksanakan workshop ke-5 MALKIN pada hari hari ini (Kamis, 18 Juli 2019) di Kampus A Universitas Trisakti, Jakarta.

Tujuan dari workshop ke-5 ini untuk mengatur dan mendukung koordinasi nasional dalam rangka  mengembangkan sumberdaya data bahasa tulis.

Seperti terlansir Antara, Kamis 6(18/7/2019), narasumber yang hadir adalah Kepala Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra,  Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu dua pembicara lainnya, yakni dari Perum LKBN ANTARA dan seorang pakar Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau, Dr. Arbi Haza Nasution.

Nah, terwujudnya Korpus Bahasa Indonesia ini untuk menjamin ketersediaan sumber data penelitian bidang Natural Language Processing atau Pengolahan Bahasa Alami (PBA).

Adapun korpus adalah kumpulan dokumen teks yang dijadikan sebagai data set standar bagi para peneliti Pengolahan Bahasa Alami tersebut.

0 comments: