Friday, May 3, 2019

One Belt, One Road Initiative (OBOR) Menjadi Alasan China Tambah Pangkalan Militer



Sudah menjadi rahasia umum bahwa China hingga saat ini hanya memiliki satu pangkalan militer luar negeri, yakni Djibouti.

Menanggapi kenyataan tersebut, menurut perkiraan Departemen Pertahanan Amerika Serikat, China akan menambah pangkalan militernya. Penambahan ini bukan satu-dua saja, tetapi kemungkinan diusahakan negeri tirai bambu itu ada di seluruh dunia.

Seperti terlansir  The Guardian, Jumat (3/5),  Pentagon dalam laporan tahunannya kepada Kongres mengenai militer China dan perkembangan keamanan mengatakan, "Kemajuan proyek-proyek Cina seperti One Belt, One Road Initiative (OBOR) mungkin akan mendorong pangkalan militer di luar negeri melalui kebutuhan yang dirasakan untuk menyediakan keamanan bagi proyek-proyek OBOR."

Hal itu sangat masuk akal karena China mau tidak mau harus mengamankan investasinya dalam program infrastruktur global, One Belt One Road (OBOR) tersebut. 

Dari sisi ini pula tampak dengan sangat jelas bahwa sebenarnya China sedang berusaha memproyeksikan dirinya sebagai negara adidaya global. Caranya, yakni dengan memanfaatkan kekuatan ekonomi, diplomatik, dan militernya yang sedang tumbuh subur untuk membangun keunggulan regional dan memperluas pengaruh internasional negara itu di seluruh dunia. 

0 comments: