Thursday, August 13, 2020

Kapsul Cinta, Belajar Bagaimana Hidup Harmonis

 

Dunia dilanda konflik. Peperangan kerap terjadi di banyak tempat. Bukan hanya di bidang politik, tetapi juga bidang-bidang lainnya semisal ekonomi. Sebutlah perang dagang antara Cina daratan dan Amerika Serikat. 

Kalimat-kalimat itu terkait tentang kondisi hubungan antarmanusia. Sebenarnya bukan sebatas itu saja, akan tetapi sebagian manusia sering belum mampu meredam konflik dalam batin masing-masing. Dan, yang terkahir ini bisa dikatakan pemicu konflik-konflik lainnya.

Sebutlah penindasan terhadap muslim Uyghur di Cina daratan. Kita boleh bertanya, mengapa Cina tidak memperlakukan muslim Uyghur dengan baik? Padahal merangkul rakyat sendiri tentu lebih mulia dan menguntungkan daripada menyia-nyiakan mereka. 

Rusia agaknya dapat menjadi contoh yang dapat ditiru Cina dalam memperlakukan rakyat dengan baik. Jauh berbeda dengan muslim Uyghur di Cina, Muslim di Rusia tidak ditindas. Artinya, Rusia lebih mampu meredam konflik batin untuk tetap berlaku baik terhadap sesama manusia. Sedang Cina belum mampu sehingga sisi negatiflah yang diterapkan di sana. 

Mengenai hidup harmonis antaramanusia, ada sebuah permainan yang terbuat dari aluminium foil berbentuk kapsul. Namanya kapsul cinta karena dimainkan sepasang (dua kapsul). Untuk lebih jelasnya dapat Anda tonton video kapsul cinta di bawah ini.

Inti dari permainan ini adalah hubungan harmonis antarsesama. Dari sini, dapat diambil pelajaran berharga bahwa idealnya manusia harus mampu meredam konflik batin dan selalu membina hubungan harmonis antarsesama makhluk-Nya.


0 comments: