Friday, April 17, 2020

Sungguh Mulia, Kota Konya di Turki Siap Produksi 2 Ton Makanan per Hari untuk Hewan Liar


Mungkin Anda pernah melihat orang menendang seekor kucing sekuatnya. Atau bisa jadi yang pernah Anda lihat adalah seseorang sedang melempari ayam-ayam dengan batu tanpa ampun.

Tapi, ini berbeda dengan kejadian-kejadian di atas. Di sebuah kota di Turki, banyak hewan liar, terutama kucing. Mengutip Anadolu Agency (17/4/2020), Kota Konya di Turki berencana meluncurkan proyek untuk memberi makan bagi hewan liar.

Dikabarkan dalam sumber itu bahwa sisa-sisa makanan (yang belum busuk) dari seluruh kota akan dikumpulkan dan diubah menjadi makanan hewan dengan menggunakan teknik pemrosesan modern.

Wali Kota Konya, Ugur Ibrahim Altay, mengungkapkan bahwa otoritas telah melakukan banyak proyek percontohan sebelumnya.

Dia menekankan bahwa proyek tersebut akan menjadi contoh bagi dunia.

"Kami berencana membangun fasilitas yang akan memiliki kapasitas pemrosesan 10 ton sisa makanan per hari. Kami berupaya memproduksi dua ton makanan setiap harinya," jelas Altay kepada media tersebut.

Menurut Altay, memproduksi makanan hewan di dalam negeri akan menguntungkan perekonomian Turki.

“Hewan liar di tempat penampungan di Konya mengonsumsi sebanyak 400 ton makanan setiap tahunnya. Ketika proyek kami direalisasikan, biaya dan ketergantungan dengan makanan hewan impor pun bisa sangat ditekan," kata dia lagi.

Ini sungguh mulia.


0 comments: