Sunday, April 5, 2020

94 Negara Ajukan Permohonan Peralatan Medis dari Turki untuk Perangi COVID-19


COVID-19 sejak muncul pertama kali di Wuhan telah menyebar di setidaknya 181 negara. Virus yang sudah menjadi Pandemi global ini terus meluaskan wilayah sebarannya.

Mengutip Anadolu Agency (4/4/2020) Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, mengatakan 94 negara mengajukan permohonan peralatan medis dari Turki untuk memerangi virus.

Turki, lanjut Cavusoglu, tak mungkin memenuhi seluruh kebutuhan itu karena negara juga membutuhkan peralatan tersebut. Ekspor peralatan medis harus dengan otorisasi dari Departemen Kesehatan, kata dia, menambahkan bahwa Turki sejauh ini sudah mengirimkan barang-barang medis tersebut ke 23 negara.

Sementara itu, media itu melaporkan bahwa Turki memproduksi satu juta masker, 5.000 alat medis dan 5.000 liter desinfektan berbasis alkohol setiap minggu di tengah pandemi Covid-19, ujar Menteri Pertahanan Turki.

Hulusi Akar mengadakan teleconference pada Jumat dengan komandan tertinggi angkatan bersenjata untuk membahas langkah-langkah pencegahan wabah Covid-19.

"Kami memobilisasi semua lini kementerian untuk memenangkan pertarungan terhadap wabah ini yang dipimpin oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan," kata Akar.

Turki sejauh ini mengidentifikasi 20.921 kasus Covid-19, dan jumlah kematian mencapai 425 kasus. Sebanyak 484 orang telah pulih sepenuhnya setelah mendapatkan perawatan, sebut media itu.

0 comments: