Monday, June 8, 2020

Songsong Kehidupan Normal, Hapus Aturan Jarak Sosial




Siapa yang tidak ingin hidup normal? Agaknya semua orang menginginkannya. Terlebih ketika aturan ketat selama pandemi diberlakukan, semua orang seakan berteriak sejadinya "Enyahlah Corona!"

Nah, tahukah Anda Selandia Baru menjadi salah satu negara pertama yang berhasil menghentikan penularan virus corona jenis baru (COVID-19)?

Ya, begitu kenyataannya. Selandia Baru melaporkan nol kasus aktif Covid-19 untuk pertama kalinya sejak 28 Februari.

Dilaporkan RMOL, Senin (8/6/2020) saat ini, negara tersebut siap untuk mencabut semua aturan pembatasan sosial, kecuali perbatasan internasional.

Dan, setelah berhasil menghilangkan penularan Covid-19, Selandia Baru harus mempertahankan prestasi tersebut dengan mencegah masuknya virus dari luar negeri.

Oleh karena itu, pemerintah di sana belum membuka perbatasan, termasuk penerbangan internasional.

Masih dari sumber yang sama, Perdana Menteri Jacinda Ardern dalam konferensi persnya pada Senin (8/6) mengungkap, pemerintah akan mencabut pembatasan sosial pada tengah malam. Dengan begitu, Selandia Baru akan menurunkan peringatan nasionalnya dari Level 2 ke Level 1.

Lalu apa maksudnya? Dapat kita pahami bahwa mulai tengah malam, jarak sosial sudah tidak diterapkan oleh Pemerintah Selandia Baru. Pertemuan publik hingga operasi transportasi umum akan diizinkan di sana.

Mengutip media tersebut, Ardern juga memperingatkan, kondisi sulit masih harus dihadapi karena tidak mudah untuk bisa kembali ke kehidupan sebelum Covid-19 muncul.

“Tidak dapat disangkal ini adalah tonggak sejarah. Jadi bisakah saya menyelesaikannya dengan sangat sederhana ‘Terima kasih, Selandia Baru. Kami yakin telah menghapuskan penularan virus di Selandia Baru untuk saat ini, tetapi itu bukanlah suatu titik waktu, itu adalah upaya berkelanjutan,"  tegas Ardern. 

0 comments: