Sunday, March 17, 2019

Sekilas Debat Ketiga (Cawapres) Nanti Malam, Yuk Saksikan!

Cawapres 02 dan 01 - You Tube

Pilpres 2019 kian dekat. Dalam kalender Masehi, hari ini tepat satu bulan lagi gelaran akbar itu akan dilaksanakan. Siapa pemenangnya?

Menjawab pertanyaan tersebut, sebagian orang menjawabnya secara apa adanya, yakni tergantung debat-debat yang dilaksanakan sebelum pilpres 17 April mendatang.

Dua debat sudah disaksikan oleh jutaan pasang mata. Dan malam nanti merupakan debat yang ketiga antara masing-masing cawapres. Ma'ruif Amin versus Sandiaga Salahuddin Uno. Penasaran?

Debat cawapres ini direncanakan akan diadakan di Hotel Sultan Jakarta pukul 20.00 WIB. Sementara siaran langsung televisi plus live streaming dijadwalkan akan dimulai saat menjelang acara, yakni pada pukul 19.15 WIB. Berdasarkan ketentuan KPU RI, di antara televisi yang menyiarkannya secara langsung ialah Trans 7 dan Trans TV. Keduanya juga akan live streaming di laman masing-masing.

Untuk mengatur jalannya debat, maka akan dimoderatori dua orang, yakni Alfito Deannova yang merupakan pembaca berita dan Pemimpin Redaksi Detik(.)com dan Putri Ayuningtyas (seorang pembaca berita di CNN)

Adapun tema yang diangkat adalah, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan. Sementara itu, dalam debat ketiga ini ada sembilan orang penelis yang berasal dari kalangan akademisi, budayawan, dan LSM yang tentunya mempunyai latar belakang berkaitan dengan tema di atas.

Nah,  mengutip Tribun Jogja, inilah sembilan nama panelis debat ketiga pilpres.
1. Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022. Guru Besar Sosiologi Unhas.
2. Prof. Dr. Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Periode 2007- 2011. Profesor Sastra Untan (bidang sastra Nusantara, pegiat budaya)
3. Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng, Rektor Unsyiah Periode 2018-2022
4. Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. KH. Yudian Wahyudi
5. Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Prof. Subhilhar, MA, Ph.D
6. Sastrawan dan budayawan, Radhar Panca Dahana
7. Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah
8. Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI periode 2018-2021) yang juga dosen Universitas Airlangga, Prof Dr David S Perdanakusuma dr Sp BP-RE(K)
9. Rektor Universitas Diponegoro periode 2019-2024, Prof H Yos Johan Utama SH               M.Hum

Semoga debat nanti akan berjalan lancar dan mencerahkan masyarakat tentang sosok cawapres yang akan dipilih bulan depan. 


0 comments: