Sunday, June 6, 2021

Sang Tokoh di Buku Kalimantan Timur dalam Cerpen Indonesia 2011


Cerpen Sukardhi Wahyudi


JOKOH KITA melangkahkan kakinya, pelan sekali. Setengah diseret tapi penuh wibawa. Para hadirin menatap tokoh kita dengan menganggukkan kepala tanda rasa kagum sekaligus rasa hormat yang mendalam. Dua ratus dua puluh juta pasang mata tak berkedip dan dua ratus dun puluh juta pasang mata itu juga mengiringi sosok tubuh yang kekar serta dihiasi karisma. Ya, tokoh kita adalah tokoh di atas tokoh.

Karena di musim seperti sekarang ini banyak tokoh yang muncul secara tiba-tiba, setiap hari bahkan setiap hitungan menit selalu muncul tokoh. Sebab kalau ingin jadi tokoh sangat gampang syaratnya cukup dengan suara lantang sambil mengepalkan tangan, lalu: berteriak mengatasnamakan rakyat, mengatasnamakan hukum, mengatasnamakan hak asasi manusia, mengatasnamakan sembako, mengatasnamakan lingkungan hidup, mengatasnamakan seni dan budaya dan ribuan atas nama atas nama. Hingga negeri ini penuh dengan suara tokoh dan suara-suara itu menjadi samudera yang penuh ombak dan badai mengguncang kapal tempat berlayarnya para tokoh. Para tokoh bingung, bingung oleh stara ciptaannya sendiri. Karena para tokoh secara jujur juga menyadari berteriak tanpa berbuat adalah omong kosong. Tapi para tokoh sudah telanjur bersuara, sudah terlanjur menjadi samudera, sudah terlanjur menjadi ombak dan badai. Maka siap-siaplah sampai tujuan atau terdampar kalah.

Dulu, dulu sekali. Para tokoh ada yang tertidur pulas dengan mulut tersumbat makanan dan perut buncit kekenyangan. Ada yang terbelenggu dalam diam sambil meratapi angan-angannya, ada yang di dalam jaring mengelepar-lepar karena kaki tangannya terantai kemunafikan. Mereka hanya berbuat dalam diam. Diam yang bisu, diam yang beku. Sekarang mereka bermunculan seakan terkejut dan dibangunkan dari mimpi, dari nina bobo dan suara gaib yang sakral. Tapi sayang, mereka banyak yang berteriak namum tak bertenaga. Banyak yang taringnya dicabuti dan ompong, Mereka hanya mengekspresikan semangat tapi loyo. Karena suara bersumber dari tenaga, tenaga bersumber dari makanan dan minuman, makanan dan minuman bermula dari mulut terus keperut. Tapi perut telanjur lapar karena banyak yang bangun kesiangan. Sumber suara sudah didahului oleh kokok ayam pada pagi nyata.

Tokoh kita tidak seperti para tokoh. Tokoh kita berteriak dengan naluri bekerja dengan kemauan dan berjalan di atas rel hakiki kehidupan. Maka wajarlah kedatangannya selalu dinanti-nanti oleh makhluk yang masih mempunyai rasa, jiwa dan hati.

***

Sementara di luar gedung angin juga matahari mengamburkan sejuk dan teriknya cukup merata untuk para pengusaha, untuk para petani, untuk para pedagang, untuk para pengangguran, untuk para pengemis dan untuk seluruh yang hidup.

Tata hias dan rambu-rambu mewarnai gedung serta riuh piuh massa yang berjubel di sekelilingnya membuat suasana mengelegar meriah. Massa yang berdesakan di luar gedung sudah tak sabar lagi. Ada yang saling sikut, dorong mendorong dan teriak-teriak dengan satu tujuan: melihat tokoh kita dengan mata telanjang, dengan nyata, dengan segala anggota badan. Bahkan ada pendapat dari massa kalau bisa menjamah dan menyentuh badan tokoh kita itu pertanda bahwa ia akan mendapat anugerah dan ia bakal menjadi orang besar. Ya, tokoh kita selalu dinanti oleh seluruh tokoh, seluruh massa dan seluruh yang hidup.

Tokoh kita naik di atas podium. Hadirin disuruh panitia untuk berdiri semua. Semua hadirin dan seluruh massa yang berada di luar gedung jadi tegang dan diam beribu bahasa. Tokoh kita dengan tenang memasang kaca matanya, membetulkan dasinya, sebentar kemudian ditatapnya semua hadirin. Semua massa berdebar hatinya. Kemudian tokoh kita mengambil buku kecil di saku bajunya, membuka beberapa catatan.

“Awas, tokoh kita membuka catatan malaikatnya," kata salah seorang hadirin. Yang lainnya menganggukkan kepala tanda mengerti maksudnya. Hadirin dipersilakan duduk kembali seluruh mata terfokus ke atas podium. Tokoh kita mendehem, hadirin saling pandang. Semua diam, dan kini hening mulai menjalar ke seluruh badan dan kemudian ke seluruh hati.

"Saudara-saudaraku, tenang tenang!? Saudara-saudara kita memang harus tenang, jangan jadikan suasana ini menjadi panas dan tegang, kita harus tenang dalam suasana panas. Itu harus saudaraku," kata tokoh kita dengan nada berat. Entahlah, kenapa hadirin seperti bola lampu yang dimatikan seketika. Sepi dan sepi. Semua bungkam, hanya napas-napas mereka yang saling berimpitan, berdesakan dan sikut-sikutan. Masing-masing ingin lebih unggul.

"Terima kasih Saudara-saudaraku, ternyata kalian masih menyatu danberada dalam hatiku, dengan anganku dan seluruh jiwa ragaku. Kita memang harus bersatu. Itu harus!? Sebab aku adalah kalian, kalian adalah aku. Dan Dia adalah segalanya. Ya, bukan !?" Tokoh kita sambil menunjuk cakrawala. Dan tercenung sejenak, karena cakrawala bukan keadilan lagi melainkan bau amis dan busuk.

"Ya, di sana masih ada orang yang saling gigitan-gigitan serta adu napas. Siapa yang napasnya panjang maka dialah yang bertahan.

***

Tapi pertahanan itu hanya sementara saja, karena datang lagi segerombolan orang yang sama-sama mengadu napas mengajak adu gigitan. Satu kalah satu maju dan seterusnya. Masing-masing mengeluarkan taring sebagai alat gigitan sampai hancur berantakan badan-badan mereka. Mereka terus saling gigit. Mereka masing-masing tak memperdulikan semuanya. Yang penting gigit! Tak perduli tangannya, kakinya, kepalanya, matanya, hidungnya dan juga hatinya. Darah bercucuran dari pori-pori yang mereka miliki dan terus mengalir menciptakan luapan banjir di sana sini yang akhirnya untuk mandi bersama. "Berhubung mereka itu sebagaian daripadaku, maka aku disini: darahku mengering habis, jantungku tersumbat noda keserakahan. Badanku terasa sakit. Hatiku terbagi-bagi, untuk kalian, untuk mereka, untuk semuanya. Apakah saudara-saudaraku juga merasakan sakit itu?" kata tokoh kita dengan suara parau, lemas, dan memelas.

"Yaaa!? Kami merasakan semuanya itu," kata hadirin serentak dan tanpa di komando mereka masing-masing memegang kepalanya dan jantungnya yang meras nyilu sebab hampir lepas dari sumbernya. Seluruhnya sekarat kesakitan. Wajah tokoh kita pucat dan para hadirin lebih pucat pasi. Dia semboyongan dan para hadirin ikut semboyongan. Dengan sisa tenaga yang ada tokoh kita mencoba berdiri lagi sambil menyandarkan tubuhnya pada podium. Suasana menjadi hening, masing-masing mendekap sepinya.


"Saudara-saudaraku, rupanya rasa sakit ini sudah dirasakan oleh seluruh yang hidup di muka bumi ini. Oh!? Betapa sakitnya bencana yang diciptakan oleh orang-orang itu, dan itu juga sebagian daripada tubuhku ini. Saudara-saudaraku untuk menghilangkan rasa sakit ini bagaimana kalau kita, seluruh tubuh kita dan terutama mulut kita untuk membaca salah satu puisi. Bagaimana?!" tanya tokoh kita yang suaranya terputus-putus namun diusahakannya suaranya tetap lantang.

"Setujuuuuu!? Setujuuuu?!" kata hadirin yang suaranya lebih kecil terpotong. potong dengan wajah pasi menandakan semangatnya mulai memudar menetes dari sumsumnya. Kemudian seluruhnya tengadah, menampakkan wajahnya. Masing-masing diam.

"Baiklah ini puisinya:

Ah,
Kau ciptakan bencana
sebagian orang ragu
kita pun seperti diayun bayu."

Sepontan hadirin berdiri bertepuk tangan. Tak henti-hentinya, suara riuh pikuh. Ada yang berjingkrak-jingkrak menari berbaur menjadi satu.

***

Dan yang lebih penting semuanya menjadi sehat kembali. Atap gedung, matahari berada ubun-ubun seperti terungkap oleh luapan gairah. Menyambut rasa damai dan kemenangan.

Tokoh kita naik ke atas podium lagi, seketika sepi. Suara tokoh kita tak terdengar lagi. Karena masing-masing berbicara dengan naluri dan hati juga dengan nafsu yang sudah terkendali. Sepi lagi. Semuanya sepi. Tokoh kita sepi. Hadirin sepi dan seluruhnya sepi. Tokoh kita di panggul oleh mereka yang sepi dan itu memang lebih berarti dari pada suara tapi bencana.

Kukar, ref 2011.

Penggalan puisi Sukardhi W dengan judul "Ah, Siapa Kau" dalam buku Antologi Puisi HODOQ 2000

-----------------------------------------------------------

Sumber tulisan: Kalimantan Timur dalam Cerpen Indonesia

Sumber ilustrasi: Pixabay


0 comments: