Thursday, November 26, 2020

Sebuah Catatan Penting: Revolusi Teknologi Pertanian



Oleh Mine Ataman

Tidak ada satu orang pun yang tidak ikut berperang di dunia saat ini. Kapitalisme mengklaim telah mengakhiri perang, tetapi kapitalisme sejati sudah dekat.

Hari-hari ketika kelaparan meningkat, nutrisi tidak sehat merajalela dan perang makanan menghantui dunia tidak jauh.

Selain penyebaran pandemi virus corona yang mematikan, kami juga berupaya menangani transformasi digital yang pesat dan penggunaan teknologi. Dalam jenis perang baru ini, setiap orang adalah musuh dan korban pada saat yang bersamaan.

Dalam beberapa tahun, perang akan berakhir dengan terciptanya tatanan dunia baru. Kecerdasan buatan, nanoteknologi, dan realitas virtual akan mendapatkan makna baru. Mereka yang memiliki akses ke makanan sehat, memastikan keberlanjutan finansial mereka dan dapat membawa integritas keluarga ke masa depan akan menjadi pemenang perang.

Yang terpenting, mereka yang dapat bertahan melewati perang dengan kesehatan dan kekuatan moral akan mampu bertahan.

Apakah cukup bertahan? Tentu saja tidak! Di dunia di mana pengangguran dan pemborosan makanan meningkat, bahkan bernapas terkadang bisa menjadi beban, bukan kenyamanan. Bagian paling merusak dari perang ini adalah orang-orang yang telah kehilangan kekuatan moral dan motivasi masa depan mereka.

Dalam konteks ini, teknologi di bidang pertanian adalah salah satu bidang studi terpenting untuk masa depan karena merupakan satu-satunya cara untuk memastikan bahwa masyarakat dapat makan makanan sehat dan negara dapat meningkatkan pendapatan ekspornya.

Apa itu mungkin?

Ya, tentu saja. Tugas terpenting untuk ini terkait dengan upaya pemerintah. Pesan yang tepat harus diberikan dan industri pertanian harus didukung dengan strategi yang tepat.

Di Turki, misalnya, banyak program pemerintah dan birokrat pekerja keras. Kampanye "Lindungi Pangan, Lindungi Meja Anda" yang dibuat oleh Aylin Çağlayan Özcan, direktur jenderal Kementerian Pertanian dan Kehutanan untuk Uni Eropa dan Hubungan Luar Negeri di Ankara, adalah contoh yang bagus.

Cara untuk memenangkan perang pangan adalah dengan melindungi gerakan pertanian cerdas. Di dunia di mana air menurun, harga input pertanian meningkat dan lahan subur secara bertahap menurun, kita perlu mengubah pertanian menjadi ruang kerja yang diprioritaskan.

Keseluruhan proses ini muncul sebagai periode di mana kita semua harus membuat keputusan penting sendiri. Kita perlu membentuk kembali ekonomi keluarga kita, meninjau pola makan kita.

Kita semua tahu bahwa orang yang paling terkena dampak virus COVID-19 adalah kelompok berpenghasilan rendah karena mereka tidak dapat melindungi diri secara efektif baik karena cara hidup mereka maupun karena gizi yang tidak sehat.

Line up trendy media sosial “COVID-19 tidak membeda-bedakan si kaya dan si miskin” yang sebelumnya beredar kini berubah. Sikap kita yang menentukan pemenang.

Sayangnya, mereka yang memulai dengan pertanian “swasembada” adalah wacana populer yang jauh dari sisi strategis subjek.

Obat dari proses yang kita jalani adalah pikiran, sains, dan harmoni.

Harta karunnya adalah bertahan hidup, mengungkap kode-kode transformasi digital, mampu memposisikan diri dan model bisnis seseorang.

Menyingkirkan popularitas pertanian yang seperti slogan diperlukan sesegera mungkin.

Di masa depan, kita akan mengurangi makan daging dan susu. Salah satu masalah terbesar pertanian adalah air dan pertanian yang mengalami dehidrasi dan penggunaan sumber daya yang efisien adalah hasil pertanian.

Pada tahun 1928, permen karet, benda yang meledak, menjadi salah satu penemuan makanan paling baru di abad ini. Kondisi yang berubah dan ekspektasi rasa adalah titik awal yang tepat untuk membentuk makanan masa depan suatu negara.

Nutrisi yang dipersonalisasi akan berlaku secara legal dengan peraturan tertentu di banyak negara pada tahun 2030. Selain dari kebutuhan nutrisi yang dipersonalisasi untuk kesehatan, memproduksi bahan mentah yang diperlukan membutuhkan keahlian yang serius dalam spiral "teknologi pertanian" pada masa depan.

Jika pertanian akan menjadi masa depan kita, tangan ini akan terwujud dengan memikirkan pertanian, bukan di pinggang dan tangan.

Riset menunjukkan bahwa produk dengan nilai gizi tinggi akan menjadi faktor penting dalam pasar pangan pada tahun 2030. Meskipun posisi pangan alami secara bertahap meningkat, masa depan lebih baik dengan penggunaan teknologi di bidang pertanian. Penggembala robot sudah berada di atas panggung.

Bentuk liar dari ribuan produk pertanian, yang kita sebut organik dan alami, sangat berbeda dari bentuk saat ini. Wortel oranye pada awalnya adalah sayuran berwarna putih salju dan tipis. Persik tua dulunya adalah buah asin seperti ceri. Semangka kecil, keras dan pahit. Terong adalah sayuran cantik yang tampak seperti telur putih.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan di majalah BBC Focus, ilmu genetika dan biomolekuler akan memungkinkan produk pertanian diperkaya dalam hal protein dan vitamin yang diinginkan dalam dekade mendatang.

Harus diingat bahwa umat manusia juga telah membawa contoh paling produktif dan unik dari spesiesnya hingga saat ini. Pilihan sederhana yang masih kita buat tentang cinta melahirkan yang tercantik dan terpintar, yaitu seleksi alam dan rehabilitasi.

Teknologi ramah pertanian

Penemuan rempah-rempah dan pembuatan jalan sutra menciptakan kekayaan rasa, dan palet rasa diperkaya dengan penemuan umami. Kita akan menemukan citarasa baru di tahun-tahun mendatang, karena manusia modern telah mengambil beberapa langkah yang sangat antusias untuk membawa memori cita rasa 1.000 tahun terakhir ke masa depan.

Sementara Anatolia berurusan dengan gelombang benih leluhur, teknologi di bidang pertanian telah menarik perhatian Lembah Silikon. Impossible Foods sudah menjadi rantai bakso ramah lingkungan yang berkelanjutan.

Meskipun beberapa telah mengibarkan bendera perang pada makanan yang tidak alami, konsep "teknologi ramah" akan menjadi masa depan pertanian dan industri makanan.

Komponen rasa masa depan, persepsi makanan, dan konsep kesehatan tidak diragukan lagi akan dibentuk oleh kebijakan pertanian negara-negara kuat. Realitas yang dimurnikan, suara aromatik, dan permainan cahaya terkontrol, semuanya akan menjadi bagian dari persepsi nutrisi pada masa depan.

Obesitas menguasai dunia

Sekitar 40% dari dunia kelebihan berat badan dan sejauh ini, tidak ada negara yang memenangkan perang melawan obesitas. Solusinya adalah dengan menurunkan kalori. Untuk alasan ini, insinyur makanan meningkatkan luas permukaan yang bersentuhan dengan lidah dengan melapisi partikel mineral lembam dengan gula.

Dengan cara ini, makanan manis diproduksi dengan menggunakan lebih sedikit gula. Setiap tren dalam industri makanan menciptakan kebutuhan akan bahan baku yang sesuai. Inti dari semua ini adalah bahwa penyemaian bertemu dengan teknologi. Sudut pandang futuristik nenek moyang kita, yang berkata, "sisanya adalah permainan dengan benih," menunjukkan jalan yang benar untuk makanan masa depan.

Faktanya, keinginan untuk makan berlebihan adalah jaminan bagi tubuh untuk melindungi diri dari "kelaparan", dan meskipun kita tidak menyadarinya, selera sosial kita terus-menerus dirancang oleh industri makanan.

Dapur robotik dan makanan desainer yang dibuat dengan printer 3D adalah petunjuk bagi mereka yang akan mendesain pertanian di masa depan, jadi mari kita dengarkan suara yang perlu kita dengar. Teknologi adalah masalah pertanian yang paling penting.

* Penulis tinggal di Istanbul, ahli membuat roti

Sumber: Daily Sabah dengan judul asli, "Get ready before it is too late: The agricultural tech revolution"


0 comments: