Tuesday, August 18, 2020

Urbina: Bagaimana Armada Penangkapan Ikan Cina yang Berkembang Menguras Laut Dunia?


Wilayah Asia Timur memang terkenal dengan menu-menu laut yang menggoda lidah. Cina salah satunya. Tapi, pernahkah terpikir di benak Anda jika Cina menguras laut dunia?

Di bawah ini disajikan sebuah artikel yang ditulis Ian Urbina dan sebelumnya dimuat Yale Environment 360, Senin (17/8/2020). Artikel ini dibuat atas kerja sama antara The Outlaw Ocean Project dan Yale Environment 360.


Bagaimana Armada Penangkapan Ikan Cina yang Berkembang Menguras Laut Dunia


Setelah melelahkan daerah dekat rumah, armada penangkapan ikan China yang besar telah pindah ke perairan negara lain, menghabiskan stok ikan. Lebih dari sekadar makanan laut dipertaruhkan, karena China ingin menegaskan dirinya di laut dan melanjutkan ambisi geo-politiknya, dari Asia Timur hingga Amerika Latin.


OLEH IAN URBINA

17 AGUSTUS 2020


Selama bertahun-tahun, tidak ada yang tahu mengapa lusinan "perahu hantu" kayu yang sudah babak belur -- sering kali bersama dengan mayat nelayan Korea Utara yang tubuhnya kelaparan hingga tinggal kerangka -- secara rutin terdampar di pantai di sepanjang pantai Jepang.

Investigasi baru-baru ini yang saya lakukan untuk NBC News, berdasarkan data satelit baru, telah mengungkapkan, bagaimana pun, apa yang sekarang dikatakan peneliti kelautan adalah penjelasan yang paling mungkin: Cina mengirim armada kapal industri yang sebelumnya tidak terlihat untuk menangkap ikan secara ilegal di perairan Korea Utara, memaksa keluar kapal Korea Utara yang lebih kecil dan menyebabkan penurunan stok cumi-cumi yang pernah melimpah lebih daripada 70 persen. Para nelayan Korea Utara yang terdampar di Jepang tampaknya berkelana terlalu jauh dari pantai untuk mencari cumi-cumi dengan sia-sia dan tewas.

Kapal-kapal Cina -- lebih daripada 700 di antaranya tahun lalu -- tampaknya melanggar sanksi PBB yang melarang penangkapan ikan asing di perairan Korea Utara. Sanksi, yang diberlakukan pada 2017 sebagai tanggapan atas uji coba nuklir negara itu, ditujukan untuk menghukum Korea Utara dengan tidak mengizinkannya menjual hak penangkapan ikan di perairannya dengan imbalan mata uang asing yang berharga.

Pengungkapan baru ini memberikan cahaya baru pada kurangnya tata kelola lautan dunia yang mengerikan dan menimbulkan pertanyaan pelik tentang konsekuensi dari peran Cina yang terus berkembang di laut dan bagaimana hal itu terhubung dengan aspirasi geopolitik negara.

Sebagian besar kapal Cina sangat besar sehingga mereka mengumpulkan ikan sebanyak mungkin dalam seminggu daripada yang ditangkap kapal lokal dalam setahun.

Perkiraan ukuran total armada penangkapan ikan global Cina sangat bervariasi. Menurut beberapa perhitungan, Cina memiliki 200.000 hingga 800.000 kapal penangkap ikan, terhitung hampir setengah dari aktivitas penangkapan ikan dunia. Pemerintah Cina mengatakan armada penangkap ikan di perairan jauh, atau kapal yang melakukan perjalanan jauh dari pantai Cina, berjumlah sekitar 2.600, tetapi penelitian lain, seperti studi oleh Overseas Development Institute (ODI ), menyebutkan jumlah ini mendekati 17.000, dengan banyak dari kapal ini tidak terlihat seperti yang ditemukan data satelit di perairan Korea Utara. Sebagai perbandingan, armada penangkap ikan jauh di Amerika Serikat memiliki kurang dari 300 kapal.

Cina bukan hanya pengekspor makanan laut terbesar di dunia, populasi negara itu juga menyumbang lebih daripada sepertiga dari semua konsumsi ikan di seluruh dunia. Setelah menguras laut di dekat rumah (negara Cina), armada penangkap ikan Cina telah berlayar lebih jauh dalam beberapa tahun terakhir untuk mengeksploitasi perairan negara lain, termasuk di Afrika Barat dan Amerika Latin, di mana penegakan cenderung lebih lemah karena pemerintah daerah kekurangan sumber daya atau kecenderungan untuk mengawasi perairan mereka. Sebagian besar kapal perairan jauh Cina sangat besar sehingga mereka mengumpulkan ikan sebanyak mungkin dalam satu minggu seperti yang mungkin ditangkap kapal lokal dari Senegal atau Meksiko dalam setahun.

Banyak kapal Cina yang menyisir perairan Amerika Latin mengincar ikan pakan ternak, yang digiling menjadi tepung ikan, suplemen pelet yang kaya protein yang diumpankan ke ikan budidaya. Armada Cina juga berfokus pada udang dan ikan totoaba yang kini terancam punah, yang sangat dihargai di Asia karena diduga memiliki khasiat obat pada kandung kemih mereka, yang masing-masing dapat dijual dengan harga antara $ 1.400 dan $ 4.000.

Tidak ada tempat di laut di mana Cina lebih dominan daripada penangkapan cumi-cumi karena armada negara itu menyumbang 50 hingga 70 persen dari cumi-cumi yang ditangkap di perairan internasional, yang secara efektif mengendalikan pasokan global makanan laut populer. Sedikitnya setengah dari cumi-cumi yang didaratkan oleh nelayan Cina yang ditarik dari laut lepas diekspor ke Eropa, Asia Utara, dan Amerika Serikat.

Untuk menangkap cumi-cumi, orang Cina biasanya menggunakan jaring pukat yang direntangkan di antara dua kapal, sebuah praktik yang dikritik secara luas oleh para konservasionis karena mengakibatkan banyak ikan secara tidak sengaja dan terbunuh secara sia-sia. Kritikus juga menuduh Cina menyimpan cumi-cumi berkualitas tinggi untuk konsumsi domestik dan mengekspor produk berkualitas rendah dengan harga lebih tinggi. Selain itu, para kritikus mengatakan, Cina membanjiri kapal dari negara lain di tempat berkembang biak cumi-cumi utama dan berada dalam posisi untuk mempengaruhi negosiasi internasional tentang konservasi dan distribusi sumber daya cumi-cumi global untuk kepentingannya sendiri.

Armada penangkapan ikan global Cina tidak tumbuh menjadi raksasa modern sendiri. Pemerintah telah dengan kuat mensubsidi industri, menghabiskan miliaran yuan setiap tahun. Kapal Cina dapat melakukan perjalanan sejauh ini sebagian karena peningkatan sepuluh kali lipat dalam subsidi bahan bakar diesel antara tahun 2006 dan 2011 (Beijing berhenti merilis statistik setelah 2011, menurut sebuah studi Greenpeace).

Selama lebih daripada satu dekade, pemerintah Cina telah membantu membayar untuk membangun kapal pukat baja yang lebih besar dan lebih canggih, bahkan mengirim kapal medis ke tempat penangkapan ikan agar armada tersebut dapat tinggal di laut lebih lama. Pemerintah Cina mendukung armada cumi-cumi khususnya dengan memberikan ramalan informasional di mana menemukan stok cumi-cumi yang paling menguntungkan, menggunakan data yang dikumpulkan dari satelit dan kapal penelitian.

Tim pelapor kami terpaksa memutar arah untuk menghindari tabrakan ketika sebuah kapal Cina tiba-tiba berbelok ke arah kapal kami.

Dengan sendirinya, penangkapan cumi-cumi di air jauh adalah bisnis yang merugi, menurut penelitian oleh Enric Sala, pendiri dan pemimpin proyek Laut Murni National Geographic Society. Harga jual cumi-cumi biasanya tidak cukup untuk menutupi biaya bahan bakar yang dibutuhkan untuk menangkap ikan, kata Sala.

Namun, Cina bukanlah pelanggar terburuk dalam hal subsidi, yang menurut para konservasionis, bersama dengan kelebihan kapasitas kapal penangkap ikan dan penangkapan ikan ilegal, adalah alasan utama lautan dengan cepat kehabisan ikan. Negara yang memberikan subsidi terbesar bagi armada penangkapan ikan di laut lepasnya adalah Jepang (20 persen dari subsidi global) dan Spanyol (14 persen), disusul Cina, Korea Selatan, dan AS, menurut riset Sala.

Baru-baru ini, pemerintah Cina telah berhenti menyerukan perluasan armada penangkapan ikan di perairan jauh dan merilis rencana lima tahun pada tahun 2017 yang membatasi jumlah total kapal penangkap ikan lepas pantai menjadi di bawah 3.000 pada tahun 2021. Daniel Pauly, seorang ahli biologi kelautan dan penyelidik utama untuk The Sea Around Us Project di The University of British Columbia, mengatakan dia yakin bahwa pemerintah Cina serius ingin membatasi armada perairan jauhnya. “Apakah mereka dapat memberlakukan pembatasan yang direncanakan pada armada mereka adalah pertanyaan lain,” tambahnya.

Namun, upaya lain untuk mengendalikan armada penangkapan ikan Cina berjalan lambat. Menerapkan reformasi dan mengawasi mereka sulit sebagian karena undang-undang lemah, sebagian besar tenaga kerja di kapal buta huruf, banyak kapal tidak memiliki izin atau tidak memiliki nama unik atau nomor identifikasi yang diperlukan untuk pelacakan, dan lembaga penelitian perikanan negara tersebut sering menolak untuk membakukan atau berbagi informasi dalam negeri atau luar negeri.

Akan tetapi, lebih daripada sekadar makanan laut yang dipertaruhkan dalam ukuran dan ambisi armada penangkapan ikan Cina saat ini. Dengan latar belakang aspirasi geopolitik Cina yang lebih besar, nelayan komersial negara itu sering berfungsi sebagai personel paramiliter de-facto yang aktivitasnya dapat dibingkai oleh pemerintah Cina sebagai tindakan pribadi. Di bawah kedok sipil, armada yang seolah-olah swasta ini membantu menegaskan dominasi teritorial, terutama mendorong kembali nelayan atau pemerintah yang menentang klaim kedaulatan China yang mencakup hampir seluruh Laut Cina Selatan.

“Apa yang Cina lakukan adalah meletakkan kedua tangan di belakang punggungnya dan menggunakan perut besarnya untuk mendorong Anda keluar, untuk menantang Anda memukul lebih dulu,” kata Huang Jing, mantan direktur Pusat Asia dan Globalisasi di Sekolah Lee Kuan Yew, Kebijakan Publik di Singapura.

Kapal penangkap ikan Cina terkenal agresif dan sering dibayangi, bahkan di laut lepas atau di perairan nasional negara lain, oleh kapal Penjaga Pantai Cina yang bersenjata. Saat melapor di laut, fotografer saya dan saya merekam 10 kapal cumi-cumi ilegal Cina yang menyeberang ke perairan Korea Utara. Tim pelapor kami terpaksa mengalihkan jalurnya untuk menghindari tabrakan berbahaya setelah salah satu kapten nelayan Cina tiba-tiba berbelok ke arah perahu tim, datang dalam jarak 10 meter, kemungkinan berniat untuk menepis kapal.

Dari perairan Korea Utara hingga Meksiko, serangan oleh kapal penangkap ikan Cina menjadi lebih sering dan agresif. Cina juga telah berupaya memperluas jangkauan maritimnya melalui cara-cara yang lebih tradisional. Pemerintah, misalnya, telah memperluas kekuatan angkatan lautnya lebih cepat daripada negara lain, dengan setidaknya tiga armada kapal angkatan laut diyakini sedang dibangun, sementara juga mengirimkan setidaknya selusin kapal penelitian canggih yang mencari mineral, minyak, dan lainnya. sumber daya alam.

Tapi keberadaan blue-water yang lebih agresif dan tersebar di mana-mana secara global adalah armada penangkapan ikan Cina. Kapal-kapal ini secara rutin dilemparkan oleh analis militer Barat sebagai pelopor "milisi sipil" yang berfungsi sebagai "kekuatan tidak seragam, tidak profesional tanpa pelatihan yang tepat dan di luar kerangka hukum maritim internasional, aturan keterlibatan militer, atau mekanisme multilateral yang dibentuk. untuk mencegah insiden tidak aman di laut, ”seperti yang ditulis Greg Poling baru-baru ini di Foreign Policy.

Tidak ada armada penangkapan ikan Cina yang lebih banyak di mana-mana selain di Laut Cina Selatan, yang merupakan salah satu wilayah yang paling diperebutkan di dunia, dengan klaim historis, teritorial, dan bahkan moral yang bersaing dari Cina, Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, Taiwan, dan Indonesia. Selain hak menangkap ikan, kepentingan di perairan ini berasal dari kebanggaan nasional yang kusut, simpanan minyak dan gas bawah laut yang menguntungkan, dan keinginan politik untuk menguasai wilayah di mana sepertiga dari perdagangan maritim dunia mengalir.

Di Laut Cina Selatan, Pulau-Pulau Spratly telah menarik banyak perhatian karena pemerintah Cina telah membangun pulau-pulau buatan di atas terumbu karang dan beting di perairan ini, melakukan militerisasi dengan jalur pesawat, pelabuhan, dan fasilitas radar. Kapal penangkap ikan Cina mendukung upaya dengan mengerumuni zona tersebut, mengerumuni dan mengintimidasi calon pesaing, seperti yang mereka lakukan pada tahun 2018, tiba-tiba mengirimkan lebih daripada 90 kapal penangkap ikan untuk menjatuhkan jangkar dalam jarak beberapa mil dari Pulau Thitu yang dikuasai Filipina segera setelah pemerintah Filipina memulai peningkatan sederhana. di infrastruktur pulau.

Dalam membenarkan haknya atas wilayah tersebut, Beijing biasanya membuat apa yang disebut argumen "sembilan garis putus-putus", yang bergantung pada peta daerah penangkapan ikan bersejarah yang menampilkan garis yang terbuat dari sembilan garis yang mencakup sebagian besar Laut Cina Selatan sebagai milik Cina. Sebagian karena Cina mengabaikan sebagian besar kritik, dan sebagian karena Cina secara ekonomi dan sebaliknya dominan di panggung global, ada kecenderungan di media Barat untuk menyalahkan Cina atas banyak tindakan yang sama yang telah dilakukan oleh AS dan Eropa -- di masa lalu atau sekarang. Dan sementara mendefinisikan apa yang benar atau adil di Laut Cina Selatan mungkin tidak lebih mudah daripada yang telah terbukti di tempat-tempat seperti Timur Tengah, sebagian besar sarjana hukum dan sejarawan mengatakan argumen sembilan garis putus tidak memiliki dasar di bawah hukum internasional.

Bentrokan atas tempat penangkapan ikan yang melibatkan orang Cina tidak terbatas di Laut Cina Selatan. Jepang dan Cina berselisih tentang Kepulauan Senkaku, yang dalam bahasa Cina dikenal sebagai Pulau Diaoyu atau pulau "pemancingan". Di tempat lain, kapal Penjaga Pantai Argentina melepaskan tembakan peringatan untuk menghentikan pelarian kapal Cina ke perairan internasional pada Maret 2016. Ketika kapal Cina, Lu Yan Yuan Yu, merespons dengan mencoba menabrak kapal Argentina, kapal Penjaga Pantai terbalik. Beberapa awak Cara melarikan diri dengan berenang ke kapal Cina lainnya, sementara yang lain diselamatkan oleh Penjaga Pantai.

Dari perairan Korea Utara hingga Meksiko hingga Indonesia, serbuan kapal penangkap ikan Cina menjadi lebih sering dan agresif. Tidak diperlukan imajinasi yang hebat untuk membayangkan bagaimana bentrokan yang tampaknya sipil dapat dengan cepat meningkat menjadi konflik militer yang lebih besar. Konfrontasi semacam itu juga menimbulkan kekhawatiran kemanusiaan tentang nelayan yang menjadi korban kerusakan, dan pertanyaan lingkungan tentang kebijakan pemerintah yang mempercepat penipisan laut. Namun di atas semua itu, jangkauan dan dampak dari ambisi laut Cina menyoroti kembali bahwa harga ikan sebenarnya jarang muncul di menu.

-----------

Ian Urbina (lahir 29 Maret 1972) adalah reporter investigasi yang paling sering menulis untuk The New York Times, tetapi juga penulis kontributor untuk The Atlantic, dan National Geographic. Urbina adalah penulis buku terlaris The New York Times "The Outlaw Ocean" (2019), berdasarkan lebih daripada lima tahun pelaporan, sebagian besar di lepas pantai, mengeksplorasi pelanggaran hukum di laut lepas. Sebagai jurnalis, penyelidikannya biasanya berfokus pada keselamatan pekerja dan lingkungan, dan dia telah menerima Pulitzer, seorang Polk, dan dinominasikan untuk Emmy.


0 comments: