Thursday, April 30, 2020

Laporan Media Asing: Kesalahan Penanganan Coronavirus di Indonesia Mengubah Krisis Menjadi Bencana


Sumber Carnegie Endowment for International Peace


Tindakan penanganan COVID-19 oleh pemerintah pusat di Indonesia ternyata menjadi sorotan asing, termasuk media mereka yang independen. Bebas dari tekanan mana pun. Memberitakan secara jujur tentang Coronavirus atau Pneumonia Wuhan di negeri Jamrud Khatulistiwa ini.

Berikut adalah laporan lengkap yang ditulis Sana Jaffrey yang dimuat Carnegie Endowment for International Peace, Rabu (29/4/2020)

"Respons coronavirus di Indonesia telah diatur oleh prioritas yang salah tempat dan ketidakpercayaan terhadap data. Tanpa koreksi saja, negara itu dapat membayar biaya jangka panjang yang curam."

Urutan penolakan, keengganan, dan alarm dalam tanggapan Indonesia terhadap krisis coronavirus mengikuti lintasan banyak negara lain, termasuk negara-negara maju. Khawatir tentang dampak ekonomi mereka, Presiden Joko Widodo menunda langkah-langkah penahanan dan mengandalkan klaim yang tidak terbukti bahwa cuaca tropis akan memperlambat penularan di negara terpadat keempat di dunia itu. Taruhan tidak membuahkan hasil. Indonesia sekarang menghadapi sistem kesehatan yang runtuh, resesi ekonomi yang dapat menghapuskan keuntungan pembangunan selama dua dekade, dan ancaman kerusuhan sosial yang menjulang.

Tidak ada yang bisa menyalahkan para pemimpin karena berusaha menjaga stabilitas ekonomi di Indonesia, di mana kehancuran krisis keuangan Asia 1997 terpatri dalam ingatan politik. Namun, pemerintah mengabaikan data, mengandalkan personel militer untuk manajemen krisis, dan penyelesaian masalah politik menjauhkannya dari tindakan penyeimbangan antara ekonomi dan kesehatan menuju strategi yang telah memberikan hasil yang lebih buruk bagi keduanya.

Setelah berbulan-bulan membantah kasus coronavirus yang tidak terdeteksi, pemerintah mengkonfirmasi pasien pertama yang terinfeksi pada bulan Maret. Pada saat itu tetangga Indonesia sudah meluncurkan pengujian massal dan pembatasan mobilitas untuk menahan penyebaran komunitas. Widodo mengesampingkan penguncian, dengan alasan dampak ekonomi yang keras di negara-negara berkembang lainnya seperti India, tetapi dengan enggan mengizinkan penutupan sekolah yang terbatas dan menyarankan agar orang-orang bekerja dari rumah.

Dengan tidak adanya tindakan pengamanan yang ketat, kasus coronavirus Indonesia melonjak menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara. Pada 28 April, hitungan resmi pemerintah dari kasus positif melampaui 9.500 setelah tes dilakukan pada 62.000 orang, kurang dari 0,02 persen dari total populasi. Negara ini telah mencatat 773 kematian, termasuk lebih dari 40 dokter dan perawat. Pemerintah juga mengakui kehadiran lebih dari 213.000 kasus yang diduga sedang menunggu untuk diuji.

Krisis yang meningkat memicu deklarasi darurat kesehatan nasional dan pengenaan langkah-langkah jarak sosial di Jakarta dan daerah-daerah lain yang terkena dampak. Pembatasan nasional untuk perjalanan komersial melalui udara, laut, dan darat sekarang berlaku. Peralatan baru sedang diimpor untuk meningkatkan pengujian, dan upaya sedang dilakukan untuk memproduksi peralatan pelindung pribadi untuk staf medis dan ventilator yang sangat dibutuhkan untuk pasien. Pada 13 Maret, presiden mengumumkan paket stimulus senilai $ 8 miliar, yang mencakup $ 324 juta dalam bentuk bantuan untuk rumah tangga berpenghasilan rendah.

Intervensi ini mungkin sudah terlambat. Menurut proyeksi pemerintah sendiri, 95.000 infeksi akan dikonfirmasi pada akhir Mei. Peneliti independen dari Universitas Indonesia memperkirakan 1,7 juta infeksi dan 144.000 kematian. Meskipun ada upaya untuk menghindari penutupan, ekonomi terbesar di Asia Tenggara berada dalam kekacauan, dengan prediksi kontraksi sebesar 0,4 persen yang dapat menjerumuskan lebih dari 9 juta orang ke dalam kemiskinan. Data survei terbaru menyajikan gambaran yang lebih suram: 25 persen orang dewasa (50 juta orang) melaporkan bahwa mereka sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka, menciptakan kekhawatiran tentang kerusuhan perkotaan.

Indonesia tidak mungkin bisa mencegah dampak dari virus corona sama sekali. Terlepas dari status pendapatan menengahnya, ia memiliki pengeluaran kesehatan per kapita terendah di antara ekonomi regional utama. Namun, sebagai salah satu negara paling rawan bencana di dunia, Indonesia memiliki banyak pengalaman dalam memobilisasi respons darurat lokal. Jauh dari sempurna, manajemen epidemi SARS (2003) di masa lalu, tsunami Boxing Day (2004), dan wabah flu burung (2006) setidaknya memiliki kompetensi minimal. Kali ini, tiga kelemahan utama dalam pendekatan pemerintah mencegahnya memobilisasi bahkan sumber daya yang terbatas yang tersedia untuk memitigasi hantaman pandemi global.

Pertama, ketidakpedulian yang mendalam terhadap data dalam administrasi menciptakan rasa pilihan yang keliru: alih-alih mempersiapkan hal yang tak terhindarkan, para pejabat mencari cara untuk menghindari tanggapan. Sementara para pejabat senior menjajakan teori-teori yang tidak berdasar tentang dampak ringan dari virus korona dalam cuaca tropis, para dokter yang terkepung memohon kepada presiden untuk mengabaikan saran yang salah dan para ilmuwan mengeluh karena tidak diikutsertakan dalam proses.

Widodo telah membela tanggapan pemerintahannya dengan mencatat ketidakmampuan para ilmuwan untuk memberikan ramalan definitif tentang coronavirus. Tetapi penindasan pemerintah terhadap data tentang tingkat infeksi hanya menambah ketidakpastian ini, dengan konsekuensi yang mematikan.

Dalam mengumpulkan data resmi, Departemen Kesehatan awalnya bersikeras menghitung hanya tes reaksi berantai polimerase yang dilakukan di satu fasilitas di Jakarta, mengabaikan lonjakan kasus yang diduga dan hasil positif dari tes antibodi cepat yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Tidak yakin dengan angka resmi, jurnalis mengumpulkan data dari kuburan, catatan medis, dan penghitungan gubernur untuk mengungkapkan bahwa lebih dari 2.200 pasien yang diduga meninggal saat menunggu tes.

Widodo mengakui bahwa data disembunyikan untuk mencegah kepanikan massal. Lebih parah lagi, pemerintahannya menggunakan data cacat ini untuk menunda intervensi kritis. Penundaan waktu langkah-langkah yang sedang berlangsung untuk meningkatkan deteksi dengan mendistribusikan peralatan pengujian baru ke laboratorium regional mengurangi efektivitasnya. Di tengah tingkat infeksi yang sudah tinggi, pengujian mungkin tidak membendung penularan kecuali jika dilengkapi dengan fasilitas isolasi massal untuk orang yang terinfeksi di kota-kota padat penduduk, di mana orang tinggal di lingkungan yang dekat dengan keluarga besar.

Upaya penahanan juga datang terlambat. Satuan tugas nasional untuk mengoordinasikan respons pemerintah hanya dibentuk pada pertengahan Maret setelah panggilan langsung dari Organisasi Kesehatan Dunia. Deklarasi darurat kesehatan, yang memberikan dasar hukum untuk tindakan sosial jarak, butuh dua minggu lagi. Relatif lemah oleh standar global, pembatasan ini tidak melarang perjalanan domestik masuk dan keluar dari daerah yang terkena dampak meskipun ada ketakutan yang luas akan penularan. Para menteri bersikeras bahwa perkiraan resmi kematian yang rendah tidak menjamin tindakan yang lebih keras bagi 270 juta orang yang tersisa. Pemerintah akhirnya melarang sebagian besar perjalanan komersial pada 24 April dalam upaya untuk mencegah eksodus Idul Fitri tahunan 20 juta orang, tetapi diperkirakan 1,6 juta telah melakukan perjalanan.

Selain dari keterlambatan, urutan tindakan penahanan yang dikandung dengan buruk telah mempercepat krisis kesehatan dan dampak ekonominya. Sejak awal, presiden ingin menghindari penguncian regional karena dampak ekonominya pada sektor informal, yang mencakup hampir 60 persen tenaga kerja Indonesia. Namun, sarannya untuk bekerja dari rumah diadopsi di daerah perkotaan oleh pekerja kerah putih, yang dilayani oleh tenaga kerja informal. Tanpa sumber pendapatan utama atau bantuan pemerintah, penjual makanan, tukang cukur, dan pengendara sepeda motor online kembali ke kota asal mereka, memaparkan komunitas baru terhadap virus.

Kedua, dominasi militer dalam pengelolaan krisis kesehatan telah menghasilkan kombinasi yang tidak dapat dipertahankan dari penegakan hukum yang kacau dan kejam. Semua personel yang bertugas mengoordinasi respon krisis adalah pensiunan perwira militer. Ini termasuk kepala satuan tugas manajemen bencana, juru bicara nasional tentang krisis coronavirus, menteri kesehatan, menteri agama, menteri urusan kelautan dan investasi, menteri pertahanan, dan kepala staf presiden. Pemerintahan Widodo memiliki konsentrasi personel militer tertinggi dari kabinet mana pun sejak jatuhnya kediktatoran militer Suharto pada tahun 1998.

Krisis skala ini di mana saja di dunia akan membutuhkan dukungan logistik dari militer. Tetapi dominasi personel militer di pos-pos sipil terkemuka telah mengamankan respons Indonesia terhadap coronavirus. Awalnya Widodo mempertimbangkan untuk menanggapi krisis kesehatan dengan menyatakan darurat sipil, yang secara hukum dicadangkan untuk memerangi pemberontakan dan perang saudara. Pushback dari kelompok masyarakat sipil mencegah langkah ini, tetapi tak lama kemudian kepala polisi nasional mengeluarkan instruksi untuk menangkap orang-orang yang dituduh menyebabkan pelanggaran kepada presiden dan pejabat lainnya. Setidaknya 76 kritikus telah ditahan, termasuk seorang peneliti yang menerbitkan sebuah artikel tentang kemungkinan kesalahan dalam data coronavirus pemerintah.

Fokus keamanan pemerintah juga mencegahnya memobilisasi sumber-sumber otoritas sipil secara efektif. Seperti negara-negara Asia lainnya, Indonesia memiliki struktur yang luas dari asosiasi lingkungan yang mengumpulkan data kesehatan dan memastikan kepatuhan publik terhadap upaya vaksinasi pemerintah dan program keluarga berencana. Para pemimpin asosiasi ini juga berfungsi sebagai titik kontak pertama dalam mengoordinasikan respons bencana pemerintah.

Alih-alih menyusun strategi nasional untuk menegakkan langkah-langkah penahanan melalui badan-badan akar rumput ini, pemerintah memerintahkan para pemimpin lingkungan untuk menggunakan kebijaksanaan mereka dalam menanggapi krisis. Dengan tidak adanya instruksi atau sumber daya yang jelas, intervensi di tingkat masyarakat berantakan. Beberapa pemimpin lingkungan telah mengoordinasikan pengiriman bantuan, dan yang lain telah memberlakukan penguncian lokal. Namun, semakin banyak yang menanggapi dengan mengusir staf medis yang terpapar bersama dengan pasien yang dicurigai dan juga menolak pemakaman korban.

Akhirnya, politisasi administrasi krisis kesehatan telah merusak kemampuannya untuk mengoordinasikan respons yang efektif dengan para pemimpin regional dan kelompok masyarakat sipil. Ini paling terlihat dalam perang wilayah yang sedang berlangsung antara pemerintah pusat dan Gubernur Jakarta, Anies Baswedan, yang menjadi saingan sengit presiden pada tahun 2016 setelah mengalahkan sekutunya, Basuki Tjahaja Purnama, yang lama dalam perlombaan pemilihan gubernur.

Terlepas dari kenyataan bahwa sekutu Islam Baswedan telah mendesak pengikut mereka untuk membatalkan pertemuan keagamaan dan menunda perjalanan, pendukung presiden menuduhnya bermain politik. Faktanya, pemerintah pusat secara sistematis merusak upaya Baswedan untuk mengelola krisis. Meskipun Jakarta adalah pusat coronavirus bangsa, permintaannya untuk memaksakan tindakan sosial jarak jauh berulang kali ditolak. Setelah deklarasi darurat kesehatan nasional, permintaannya ditunda lebih lanjut oleh menteri kesehatan dan hanya disetujui setelah berhari-hari tawar-menawar tentang data.

Hubungan pemerintah dengan kelompok masyarakat sipil juga terus memburuk meskipun dukungan mereka tetap penting untuk mengelola krisis. Di tengah pandemi, parlemen mengumumkan rencana untuk pengesahan dua RUU yang sangat tidak populer. Salah satunya adalah hukum pidana yang memicu demonstrasi mematikan tahun lalu dan yang lainnya adalah RUU deregulasi tenaga kerja yang ditolak oleh serikat pekerja. Musyawarah akhirnya ditangguhkan minggu ini untuk menghindari bentrokan yang berpotensi kekerasan setelah serikat pekerja mengeluarkan seruan untuk protes yang menentang pembatasan mobilitas.

Terlepas dari tragedi kemanusiaan yang mengkhawatirkan yang menjulang di depan, salah langkah dalam tanggapan pemerintah terhadap pandemi coronavirus dapat memengaruhi lintasan politik jangka panjang Indonesia dalam tiga cara. Salah satunya adalah percepatan kebangkitan militer dalam urusan sipil, yang sudah berjalan dengan baik dalam pemerintahan saat ini. Kemarahan publik mungkin telah mencegah pengenaan darurat sipil pada bulan Maret, tetapi tidak dapat dikesampingkan saat krisis terjadi. Menyerahkan kekuatan darurat kepada agen-agen keamanan tanpa pengawasan sipil yang efektif dapat merupakan pukulan telak bagi dua dekade perjuangan kebebasan sipil di Indonesia.

Ketiga, permainan kekuasaan yang berkelanjutan antara pemerintah pusat dan daerah dapat memaksa reevaluasi undang-undang desentralisasi Indonesia, yang mengalihkan kekuasaan ke kabupaten dan menyerahkan gubernur ke peran koordinator. Respons nasional yang terputus-putus terhadap ketidakmampuan coronavirus dan pemerintah kabupaten untuk melakukan intervensi berskala besar telah mengungkapkan kegagalan pengaturan ini. Gubernur telah muncul sebagai perantara yang efektif dalam krisis dengan menyinkronkan respons kabupaten dan memaksa tangan pusat jika perlu. Ke depan, otoritas mereka mungkin harus diperkuat untuk merampingkan tata pemerintahan di seluruh nusantara.

Akhirnya, kepercayaan warga pada pemerintah dapat menjadi korban tragis lain dari krisis. Orang Indonesia bukan orang asing dalam menghadapi kehancuran bencana alam atau untuk mengatasi intervensi pemerintah yang lambat dengan tanggapan berbasis masyarakat. Harapannya tinggi ketika Widodo dipilih berdasarkan kepercayaan administratifnya, tetapi kelompok masyarakat sipil sekali lagi harus mengimbangi kurangnya tanggapan pemerintah yang koheren dengan kemurahan hati heroik. Polwan yang dibayar rendah menyumbangkan gaji mereka, mahasiswa di universitas yang kekurangan dana sedang menguji ventilator murah, dan dokter yang tidak dilindungi membuat platform digital untuk merawat pasien mereka. Namun, kali ini, tampaknya ketahanan Indonesia dapat diuji sebanyak mungkin oleh skala pandemi global yang belum pernah terjadi sebelumnya, juga oleh besarnya ketidakmampuan pemerintah mereka.

Demikianlah laporan media asing tersebut. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Dan, ada harapan perbaikan dalam penanganan COVID-19 di Indonesia.

0 comments: