Monday, March 2, 2020

Panduan Membuat Sendiri Masker Hidung dan Mulut, di Pasaran Harganya Mencapai Rp850.000


Pernah mendapati kelangkaan masker? Ketika Anda hendak membelinya, tapi stoknya kosong? Atau pernahkah Anda membeli masker hidung dan mulut dengan harga selangit?

Menyusul wabah COVID-19 yang terus menyebar, khususnya setelah masuk di Indonesia, masker menjadi kebutuhan primer saat ini. Banyak orang berburu benda tipis yang dikenakan di wajah bagian  bawah mata sampai dagu tersebut.

Tapi, agaknya Anda perlu menahan emosi ketika belum mendapatkan hasil buruan itu. Jikalau mendapatkannya pun harganya mahal. Seperti terlansir Solopos, ungkap seorang pedagang di Pasar Glodok, Senin (2/3/2020), "Kalau masker merek Nexcare mencapai Rp850.000 per kotak, Sensi Rp450.000 per kotak dan Accurate Rp400.000 per kotak. Sekotak isi 50 potong."

Tentu saja hal di atas bukan sesuatu yang membahagiakan. Meski demikian, kita masih bisa menyiasatinya dengan membuat masker sendiri.

Mengutip Cloth With Pegs, berikut adalah panduan sederhana membuat masker hidup dan mulut di tengah mewabahnya COVID-19.

Hal terpenting siapkan terlebih dahulu peralatan dan bahan-bahannya.

1. Pola masker (Contoh masker yang sudah
ada).

2. Mesin jahit atau jarum manual untuk menjahit masker.

3. Setrika untuk mengepres lipatan-lipatan
masker.

4. Pensil kain atau lainnya untuk membuat penanda pada kain.

5. Gunting dan penggaris (meteran kain).

6. Benang jahit (pilih yang warnanya sesuai
dengan bahan kain).

7. Kain yang mudah dijahit dan bertekstur lembut seperti katun.

8. Tali elastis (bisa berupa kolor sisa) untuk tali masker.


Setelah semuanya  lengkap, maka mulailah proses pembuatannya.

Pertama, ambil pola masker. Ini adalah dimensi masker secara umum, yakni 17.5cm x 17cm, dan rincian lainnya. Perhatikan gambar berikut.




Kedua, potonglah kain sesuai garis-garis yang telah dibuat berdasarkan pola masker di atas. Kemudian tandai dan terus menandai lipatan tengah masker. Lebih jelas lihat gambar di bawah ini.




Ketiga, buat lipatan-lipatan sesuai tanda yang sudah ada. Lalu lipatan-lipatannya disetrika pada tempatnya seperti pada gambar.




Keempat, buat jahitan lurus di kedua sisi untuk menahan lipatan di tempatnya. Setelah itu, ambil tali elastis dan mengukur panjangnya sesuai yang Anda butuhkan.




Kelima, menjahit tali ke kain atas dan bawah (di sisi yang sama). Potong kelebihannya jika ada dan ulangi untuk sisi lainnya.



Selesai.



Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 comments: