Monday, July 1, 2019

Sekilas tentang Balon Google yang Mengudara dan Sebar Jejaring Internet

Project Loon sedang Mengudara - CNBC Indonesia

Teknologi kian melesat. Begitulah kira-kira pilihan kata yang tepat sebagai gambaran kemajuan teknologi dari waktu ke waktu.

Para ahli terus berusaha mencapai yang tercanggih. Contohnya, untuk membuat internet berkecepatan tinggi dapat diakses oleh miliaran orang, Alphabet Inc melalui Google dan anak perusahaan lainnya sudah banyak berinvestasi selama dekade terakhir.

Apa yang mereka buat? Balon udara. Ya, balon udara raksasa Google bernama Project Loon lah yang punya tugas menyebarkan internet di daerah-daerah terpencil. Luar biasa, 'kan?

Mengutip CNBC Indonesia Senin (1/7/2019), balon Google dibuat dari plastik tipis dan diisi dengan helium. Beratnya sekitar 165 pound termasuk pompa udara, dan membawa tambahan 165 pound panel surya, antena, dan peralatan lainnya.

Seberapa besarkah ukurannya?

Masih dari sumber yang sama, setiap balon berukuran sekitar dan selebar lapangan tenis ketika ditekan penuh di stratosfer pada ketinggian 60.000 kaki.

Sementara itu, peralatan jaringan di balon terhubung ke stasiun bumi atau satelit. Nah, setiap balon ini menyediakan jangkauan lebih dari 2.000 mil persegi dan dapat menyampaikan koneksi internet antara satu sama lain sehingga memperluas jangkauan mereka tanpa perlu peralatan darat tambahan

Sebagai tambahan, untuk pengujian teknis, ternyata balon internet Google Project Loon ini telah mengudara di Indonesia sejak Januari 2016 lalu.

0 comments: